Senin, 28 April 2014

Berusaha menjawab tentang 'orgasme' ....

Barusan ada teman lama yang nge~chat di fb. (Sumpah, I was flattered) Dia cerita kalo rajin ngikutin postingan aku di wall status yang memang banyak banget ngoceh soal Bob anakku. Kata si teman, dia suka nge~save obrolan2ku dengan Bob, untuk bekal dia jawabin pertanyaan2 ajaib keponakannya.
Nah, terus teman ini cerita, kalo dia sempat mati gaya karena ditanyain keponakannya itu tentang arti kata 'orgasme', padahal keponakannya baru kelas 2 SD.

Nah lo!
Hihihi.

Temanku lalu tanya, enaknya jawabnya gimana tuh, karena tadi jawaban dia (her words, not mine) 'cetek banget'. Waktu itu si teman jawab, kalo yang namanya orgasme itu berarti 'perasaan seneng'.

Aku bilang, kalo aku yang kena apes dapat pertanyaan model gitu, aku bakal nanya dulu ke si anak (biasanya yg banyak tanya2 sih Bob ya ...)
1. kamu dapat kata itu dari mana? (baca, tv, nguping?)
2. konteks bahasannya waktu itu apa?
3. Sejauh mana kamu paham?
Nah, kalo sudah gitu, baru deh jawaban2 buat nomor 1, 2, 3, bisa dijadikan dasaran untuk ngejelasin.
Tapi gampangnya sih, aku bakalan ngajak dia untuk buka kamus, nyari kata 'orgasme' di sono. Menurut KBBI, 'orgasme' adalah 'puncak kenikmatan'.
Dari sini, aku bakal terangin, dengan tetap bawa ke basic moralitas: bahwa kalo orang sudah nikah itu ada perasaan bahagiaaaa banget (puncak bahagia, puncak nikmat), rasa bahagia ini biasanya cuma bisa didapat dan dirasakan orang yang sudah nikah. Jadi kalo kamu pengen tau 'orgasme', itu tunggu kamu nikah dulu, nanti baru tau. Sampai saat ini, umur ini, cukup segini dulu ya yang kamu tau. Nanti kalo masih penasaran, boleh tanya lagi pas umurmu sudah 15 tahun.
Hehehe ...

Ngejawab pertanyaan2 anak memang agak susah juga nemu formulanya. Karena tiap anak kan pemahamannya terhadap suatu fenomena berbeda2 tergantung kerangka persepsi dia.

Tapi rumus buatku sih, aku usahakan untuk ngasih penjelasan sejujur mungkin, sejelas mungkin, tapi juga segampang mungkin, sesuai dengan umur dia. Aku usahakan penjelasan dariku mencukupi, hingga anakku gak akan nyari penjelasan secara sembunyi2 dari tempat lain.

Pengalaman ini (tanya~jawab dengan teman tadi) bikin aku jadi menyadari, mengasuh anak itu adalah kenikmatan yang gak terganti. Kagetnya, stresnya, senengnya, semua jadi pengalaman sekali seumur hidup, karena umur anak tidak bisa diulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar